Home » » Ragam Musik di ASIA

Ragam Musik di ASIA

Posted by MATERI-MATERI on Tuesday 3 March 2015

                   Asia merupakan negara terpadat dan unik.Orang menyebutnya oriental atau benua timur. Musik Asia berbeda dengan musik Barat. Benua Asia memiliki beragam jenis musik yang berkembang di negara setempat. Secara garis besar musik di negara Asia dikelompokkan menjadi empat , antara lain musik Melayu,Oriental,Hindustan dan Timur Tengah.

1. Musik Melayu

          Rumpun Melayu,diantaranya Indonesia, Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam. Ciri utama dari musik Melayu adalah menggunakan alat musik membranophone atau gendang tradisional yang menghasilkan sentuhan dendang dan joget.




2. Musik Oriental

           Negara Oriental antara lain Cina,Jepang ,Korea dan Hongkong. Musik Oriental yang paling menonjol adalah instrumen string ( alat musik petik dan gesek) dengan tangga nada pentatonis setempat.

3. Musik Hindustan

            Musik Hindustan paling dominan di negara India atau Pakistan. Musik Hindustan mudah dikenali dari ritme instrumen tabla. Tabla yaitu gendang india yang berupa sepasang kendang dan berbentuk bejana (kendil) , dimainkan dengan sentuhan jari dan telapak tangan.

4. Musik Timur Tengah/Padang Pasir

                 Musik Timur Tengah,antara lain qasidah. Qasidah ialah lagu bernapaskan islam yang melodinya berakar pada Timur Tengah (Arab). Penyajian lagu-lagu Timur Tengah menggunakan iringan seperangkat rebana. Lagu-lagu qasidah berdasarkan tangga nada tradisional Timur Tengah. Tangga nadanya memiliki skala nada diatonik dan kandungan nada-nada mikrotonik seperti terdapat dalam alunan tangga nada al bayat (bayati), al rast, al sika(sikah), al 'ajm, al rahawand , al hijaz dan al saba(sobat).


0 komentar:

Post a Comment

.comment-content a {display: none;}