Home » » Pentingnya Pancasila Di Perguruan Tinggi

Pentingnya Pancasila Di Perguruan Tinggi

Posted by MATERI-MATERI on Sunday 13 March 2016

Pendidikan pancasila memiliki peran yang penting dan berguna untuk mahasiswa dan mahasiswi di Perguruan Tinggi. Pendidikan pancasila haruslah  kita pelajari dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kita dapat mengetahui dan mengerti tentang hak dan kewajiban sebagai warga Negara Indonesia. Dengan pendidikan agama dan kewarganegaraan, pendidikan pancasila berperan penting dalam pembentukan moral, adab, perilaku dan kepribadian yang sehat dan berjiwa nasionalisme.

  1. Pengertian Pancasila  
    Pancasila adalah sebagai sumber nilai dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara bagi bangsa Indonesia. Oleh karena itu seluruh tatanan kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia menggunakan Pancasila sebagai dasar moral atau norma dan sebagai tolak ukur baik buruk dan benar salahnya sikap, perubahan dan tingkah laku sebagai bangsa Indonesia. Selain itu Pancasila merupakan Ideologi dasar Negara Indonesia, yang dipakai untuk menjadi dasar Negara Indonesia dan pandangan hidup. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sanskerta: panca berarti lima dan sila berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

    Lima sendi utama penyusun Pancasila adalah :


    1. Ketuhanan Yang Maha Esa.
     2. Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab
     3. Persatuan Indonesia
     4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat         Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan    Perwakilan.
     5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia Dan Tercantum Pada Paragraf ke-4     Pembukaan UUD 1945.
    Tujuan Pancasila Di Perguruan Tinggi 
    •       Dapat memahami, menghayati dan melaksanakan pancasila dan undang – undang dasar 1945 dalam kehidupan sebagai warga negara republik Indonesia yang berjiwa pancasila. 
    •      Menguasai pengetahuan dan pemahaman tentang beragam masalah dasar kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara yang hendak diatasi dengan penerapan pemikiran yang berlandaskan pancasila dan UUD 1945. 
    •       Memupuk sikap dan prilaku yang sesuai dengan nilai – nilai dan norma pancasila (Dirjen Dikti, 1995:3)
     



     


1 komentar:

  1. Toko Mesin · Jual Mesin · Susu Listrik · Portal Belanja Mesin Makanan, Pertanian, Peternakan & UKM · CP 0852-576-888-55 / 0856-0828-5927

    ReplyDelete

.comment-content a {display: none;}