Home » » Definisi dan Proses ERP

Definisi dan Proses ERP

Posted by MATERI-MATERI on Monday 11 April 2016

ERP adalah aspek perencanaan yang terintegrasi di suatu organisasi atau perusahaan ,bersifat lintas fungsional terdiri atas berbagai fitur dengan tujuan agar dapat merencanakan dan mengelola sumber daya organisasi dengan lebih efisien dan dapat merespon kebutuhan pelanggan dengan lebih baik.Erp terdiri dari 3 elemen yaitu Enterprise (perusahaan), Resource (sumber daya), dan Planning (Perencanaan).
Ketiga konsep berujung pada sebuah kata kerja yaitu planning yang berarti menekankan pada aspek perencanaan sumber daya perusahaan. Sumber daya perusahaan seperti Finansial,SDM,Rantai Suplai,dan Customer dsb. ERP mengintegrasikan semua sumber daya perusahaan. Konsep ERP dapat dijalankan dengan baik,jika didukung dengan seperangkat aplikasi dan infrastruktur komputer baik software dan hardware sehingga pengelolaan data dan informasi dapat dilakukan dengan mudah dan terintegrasi.
ERP bukanlah semata-mata paket sotware,kekeliruan atau pengaburan makna ERP menjadi sebuah paket software dipicu dari berbagai informasi yang membungkus ERP dalam sederetan paket promosi software publikasi bisnis dan artikel yang menekankan tentang software.
Jenis software yang mengaburkan pemahaman ERP adalah software ES (enterprise system). Proses ERP dan ES :
Proses-proses pada ERP 
  1. Sales Forcesting
  2. Sales and Operation Plannig
  3. Advanced Palnning System
  4. Supplier Rating System
  5. Performance Metric
Sedangkan proses-proses pada ES adalah :
  • Accounts Receivable
  • Account Payable
  • General Ledger
  • Cash Management
  • CRM
  • Human Resource
  • Data Warehousing




0 komentar:

Post a Comment

.comment-content a {display: none;}